Kamis, 10 Juni 2010

Susahnya Menghias Cupcake

Apakah anda orang yang suka mem buatkan makanan kepada orang yang anda kasihi? Misalnya anda suka memberikan coklat di saat hari valentine? Nah saya rasa informasi berikut akan sangat berguna untuk anda.


Salah satu penganan yang disediakan untuk merayakan keberhasilan atau kasih sayang adalah adalah cokelat, taart, ataupun cupcake. Khususnya cupcake, yang mulai populer beberapa tahun belakangan ini, terasa lebih istimewa karena penampilannya yang lebih bisa dimodifikasi sesuai keinginan.

Karena bentuknya yang mungil, manis, dan menggugah selera, banyak perempuan yang ingin belajar membuatnya. Tak terkecuali Kompas Female. Karena itu, ketika Orange Blossom mengundang Kompas Female untuk belajar menghias cupcake, kami pun langsung merasa tertantang. Siapa takut?

Acara menghias cupcake ini merupakan salah satu agenda acara komunitas perempuan di Kelapa Gading ini untuk merayakan hari Valentine. Acara bertajuk "Cooking With Love" yang dihelat di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (11/2/2010) itu dihadiri para anggota yang rata-rata merupakan ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan pengusaha.

Menurut Anne Marie, ketua Orange Blossom, tujuan mereka mengadakan acara ini adalah untuk memberdayakan perempuan, dan agar senantiasa update dengan hidupnya. "Daripada menghabiskan waktu hanya dengan rutinitas monoton, lebih baik luangkan waktu untuk ikut kegiatan bermanfaat,'' tuturnya.

Food stylist yang juga praktisi kuliner, Yeni Ismayani, memandu acara hari itu. Perempuan yang sudah menerbitkan buku resep cupcake ini menyebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu cetakan cupcake (atau cetakan bolu), i-cing (krim penghias) atau butter cream, meses, butiran gula-gula kecil berwarna-warni, permen berbentuk hati, selai strawberry, dan cokelat pink.

Penasaran dengan para perempuan lain yang begitu bersemangat menghias cupcake-nya, Kompas Female pun mengerahkan segala upaya untuk menguasai cupcake yang saat itu baru berupa kue bolu polos.

''Cupcake itu harus terlihat menarik, dan hiasannya bisa menggoda orang untuk mencicipi,'' pesan Yeni.

Setelah bahan-bahan disiapkan, yang harus dilakukan adalah menyiapkan plastik segitiga (piping bag) yang diisi dengan butter cream. Anda bisa memilih butter cream warna apa saja. Namun karena kali ini temanya Valentine, oke lah, kami memilih warna putih dan merah jambu.

Kemudian kami memasang spuit (besi kecil berbentuk kerucut) di ujung plastik segitiga untuk mulai membentuk butter cream. Menghias cupcake, menurut Yeni, intinya harus menutupi seluruh permukaan cupcake dengan butter cream tersebut.

''Ada teknik khusus untuk membuat hiasan cupcake yang baik. Yakni membuat tekanan atau lekukan yang pas, tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Kalau tidak, maka hasilnya akan putus-putus dan tidak rapih,'' jelas Yeni.

Kelihatannya memang simpel. Namun ternyata butuh teknik khusus untuk bisa menghasilkan hiasan cupcake yang menarik. Bahkan butuh kreativitas tinggi untuk membentuk butter cream menjadi seperti yang kerap kita lihat di toko-toko yang menjual cupcake. Tidak heran bila harga sepotong cupcake bisa mencapai Rp 25.000. Harga ini rupanya untuk membayar keahlian pembuatnya.

Hasil karya Kompas Female sendiri terlihat sedikit tak beraturan. Namun kami pede saja meneruskan menghias kue bolu ini. Ternyata sama sekali tidak mudah membuat cupcake. Sedikit sirik juga akhirnya melihat perempuan lain yang terkesan begitu serius menghias. Ada yang membuat hiasan berbentuk hati, bunga, boneka, atau yang bertema serbapink.

Yeni memberikan waktu 10 menit untuk membentuk butter cream di atas bolu. Waktu ini dirasa kurang oleh sebagian peserta. Tak jarang ada yang mengulang dan menghapus hiasan kue dengan tisu.

''Aduh, Ibu, kuenya udah nggak steril lagi, deh,'' celetuk Yeni saat melihat ulah tersebut.

Menjelang acara berakhir, terpilih tiga orang dengan kreasi cupcake yang paling cantik. Sayang, Kompas Female tak termasuk di dalamnya.

Anda tertarik menghias cupcake? Berikut resep dari Yeni Ismayani.

Love Cup Cake

Bahan: 120 gr mentega, 180 gr gula pasir, 2 butir telur, 340 gr tepung terigu, 1 sdt baking powder. Bila ingin langsung menghias, gunakan kue bolu yang dijual di toko roti.

Hiasan: Butter cream siap pakai beraneka warna, pink chocolate (meses), gula-gula warna-warni, dan permen berbentuk hati atau boneka.

Cara membuat: Siapkan cetakan cupcake, alasi dengan paper cup. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, kemudian masukkan telur, kocok hingga rata. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk hingga rata. Masukkan adonan dalam cetakan dan panggang dalam oven selama 30 menit. Dinginkan, kemudian hias dengan butter cream dan hiasan lainnya.

Bagaimana pendapat kamu? Jika ada komentar jangan sungkan untuk di ungkapkan yah.

Related Posts by Categories



5 komentar:

  1. Everything is very open with a really clear explanation of the issues.

    It was definitely informative. Your site is
    extremely helpful. Thanks for sharing!

    Also visit my web site - Psn Code Generator

    BalasHapus
  2. Thank you a bunch for sharing this with all people
    you actually recognise what you are talking approximately!

    Bookmarked. Please additionally seek advice from my website
    =). We can have a link change arrangement among us

    Here is my page - Pirater Un Compte Facebook

    BalasHapus
  3. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really
    nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. All the best

    Stop by my webpage ooxdy

    BalasHapus
  4. After checking out a number of the blog posts on your
    blog, I really appreciate your technique of blogging.

    I saved as a favorite it to my bookmark website list and will be checking back
    in the near future. Take a look at my web site too and tell me
    your opinion.

    Here is my webpage Dragon City Cheat Engine

    BalasHapus
  5. Hello all, here every one is sharing such experience, so it's good to read this webpage, and I used to go to see this web site every day.

    Feel free to visit my weblog: Generateur De Code PSN

    BalasHapus

 

blogger templates | Make Money Online